Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 81 - 90


Sekiranya mereka beriman kepada Allah, kepada Nabi (Musa) dan kepadaapa yang diturunkan kepadanya (Nabi), niscaya mereka tidak akan mengambil orang-orangmusyrikin itu menjadi penolong-penolong, tapi kebanyakan dari mereka adalah orang-orangyang fasik. (QS. 5:81)


Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannyaterhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dansesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang berimanialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yangdemikian itu disebabkan karena diantara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapatpendeta-pendeta dan rabib-rabib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkandiri. (QS. 5:82)


Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul(Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Qur'an)yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Rabbkami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (ataskebenaran Al-Qur'an dan kenabian Muhammad saw). (QS. 5:83)


Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yangdatang kepada kami, padahal kami sangat ingin agar Rabb kami memasukkan kami ke dalamgolongan orang-orang yang saleh?" (QS. 5:84)


Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang merekaucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Dan itulah balasan (bagi)orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya). (QS. 5:85)


Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulahpenghuni neraka. (QS. 5:86)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yangbaik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. SesungguhnyaAllah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. 5:87)


Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telahrezkikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (QS. 5:88)


Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidakdimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yangdisengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin,yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepadamereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian,maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmubila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikian Allah menerangkankepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. 5:89)


Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi,(berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Makajauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. 5:90)