Kamis, 30 November 2017

surah annisa ayat 71 - 80


Hai orang-orang yang beriman, bersiapsiagalah kamu, dan majulah (kemedan pertempuran) berkelompok-kelompok, atau majulah bersama-sama!. (QS. 4:71)


Dan sesungguhnya di antara kamu ada orang-orang yang sangatberlambat-lambat (ke medan pertempuran ).Maka jika kamu ditimpa musibah ia berkata: "Sesungguhnya Allah telah menganugerahkanni'mat kepada saya karena saya tidak ikut berperang bersama mereka". (QS. 4:72)


Dan sungguh jika kamu beroleh karunia (kemenangan) dari Allah,tentulah dia mengatakan seolah-olah belum pernah ada hubungan kasih sayang antara kamudengan dia: "Wahai, kiranya saya ada bersama-sama mereka, tentu saya mendapatkemenangan yang besar (pula). (QS. 4:73)


Karena itu, hendaklah orang-orang yang menukar kehidupan dunia dengankehidupan akhirat berperangdi jalan Allah. Barangsiapa yang berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperolehkemenangan maka kelak akan Kami berikan kepadanya pahala yang besar. (QS. 4:74)


Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela)orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanyaberdo'a: "Ya Rabb kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalimpenduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong darisisi Engkau". (QS. 4:75)


Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orangyang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu,karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah. (QS. 4:76)


Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka : "Tahanlah tanganmu (dariberperang), dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat!" Setelah diwajibkan kepadamereka berperang, tiba-tiba sebagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia(musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari takutnya. Mereka berkata:"Ya Rabb kami, mengapa engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak engkautangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?" Katakanlah:"Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orangyang bertaqwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun. (QS. 4:77)


Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipunkamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalahdari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan:"Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang)dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidakmemahami pembicaraan sedikitpun? (QS. 4:78)


Apa saja ni'mat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa sajabencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadiRasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS. 4:79)


Barangsiapa yang menta'ati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menta'atiAllah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmuuntuk menjadi pemelihara bagi mereka.(QS. 4:80)