Kamis, 30 November 2017

surah annisa ayat 81 - 90


Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: "(Kewajiban kamihanyalah) taat". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebagian dari merekamengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakantadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu darimereka dan bertawakkallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung. (QS. 4:81)


Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur'an? Kalau kiranyaAl-Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak didalamnya. (QS. 4:82)


Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupunketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul danUlil Amri di antara mereka,tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya darimereka (Rasul dan Ulil Amri ).Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikutsyaitan, kecuali sebagian kecil saja (di antaramu). (QS. 4:83)


Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebanimelainkan dengan kewajiban kamu sendiri.Kobarkanlah semangat para mu'min (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak seranganorang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras siksaan(Nya). (QS.4:84)


Barangsiapa yang memberikan syafa'at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bagian(pahala) daripadanya. Dan barangsiapa yang memberikan syafa'at yang buruk, niscaya ia akan memikul bagian(dosa) daripadanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. 4:85)


Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslahpenghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa ). Sesungguhnya Allah memperhitungkansegala sesuatu. (QS. 4:86)


Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. SesungguhnyaDia akan mengumpulkan kamu di hari kiamat, yang tidak ada keraguan terjadinya. Dansiapakah yang lebih benar perkataan(nya) daripada Allah? (QS. 4:87)


Maka mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan dalam (menghadapi) orang-orangmunafik, padahal Allah telah membalikkan mereka pada kekafiran, disebabkan usaha merekasendiri? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada orang-orang yang telah disesatkanAllah ? Barangsiapa yangtelah disesatkan Allah, sekali-kali kamu tidak mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk)kepadanya. (QS. 4:88)


Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telahmenjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikandiantara mereka penolong-penolong(mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jikamereka berpaling, tawanlahdan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpundiantara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong, (QS. 4:89)


kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum,yangantara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati merekamerasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya. Kalau Allah menghendaki, tentu Diamemberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. Tetapijika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaiankepadamu maka Allah tidakmemberi jalan bagimu (untuk melawan dan membunuh) mereka. (QS. 4:90)