Jumat, 01 Desember 2017

surah yunus ayat 1 - 10


Alif Laam Raa'.Inilah ayat-ayat Al-Qur'an yang mengandung hikmah. (QS. 10:1)


Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan kepadaseorang laki-laki di antara mereka: "Berilah peringatan kepada manusia dangembirakanlah orang-orang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisiRabb mereka". Orang-orang kafir itu berkata: "Sesungguhnya orang ini (Muhammadsaw) benar-benar adalah tukang sihir yang nyata". (QS. 10:2)


Sesungguhnya Rabb kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumidalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy (singgasana) untuk mengatur segalaurusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada keizinan-Nya. Yangdemikian itulah Allah, Rabb kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambilpelajaran? (QS. 10:3)


Hanya kepada-Nyalah kamu semua akan kembali; sebagai janji yang benardaripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudianmengulanginya (menghidupkan) kembali (sesudah berbangkit),agar Dia memberi pembalasankepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal shaleh dengan adil. Dan untukorang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkankekafiran mereka. (QS. 10:4)


Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya danditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamumengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikianitu melainkan dengan hak.Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS. 10:5)


Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada yangdiciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya)bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. 10:6)


Sesungguhnya orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan)pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan di dunia serta merasa tenteramdengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat kami, (QS. 10:7)


mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu merekakerjakan. (QS. 10:8)


Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amalshaleh, mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya, dibawah mereka mengalirsungai-sungai di dalam surga yang penuh keni'matan. (QS. 10:9)


Do'a mereka di dalamnya ialah: "Subhanakallahumma " dan salam penghormatan mereka ialah: "Salaam ". Dan penutup do'a merekaialah: "Alhamdulillaahi Rabbil'aalamin ". (QS. 10:10)