Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 11 - 20


Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan ni'mat Allah (yangdiberikan Nya) kepadamu, diwaktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertaqwalahkepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mu'min itu harus bertawakkal.(QS. 5:11)


Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israildan telah Kami angkat di antara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman :"Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat danmenunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamupinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menghapus dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Ku-masukkan kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir diantaramusesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus" (QS. 5:12)


(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuk mereka, dan kamijadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) daritempat-tempatnya, dan mereka(sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu(Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka(yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhya Allahmenyukai orang-orang berbuat baik. (QS. 5:13)


Dan diantara orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya kamiorang-orang Nasrani", ada yang telah kami ambil perjanjian mereka, tetapi mereka(sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diberi peringatan dengannya; makaKami timbulkan diantara mereka permusuhan dan kebencian sampai hari kiamat. Dan kelakAllah akan memberitakan kepada mereka apa yang selalu mereka kerjakan. (QS. 5:14)


Hai ahli kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami,menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al-Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pulayang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yangmenerangkan. (QS. 5:15)


Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikutikeredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkanorang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya,dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (QS. 5:16)


Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata :"Sesungguhnya Allah itu adalah Al-Masih putera Maryam". Katakanlah: "Makasiapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendakmembinasakan Al-Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang berada dibumi semuanya?" Kepunyaan Allah kerajaan langit dan bumi dan apa yang diantarakeduanya; Dia menciptakan apa yang dikendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segalasesuatu. (QS. 5:17)


Orang-orang Yahudi dan Nasrani mengatakan: "Kami ini adalahanak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya". Katakanlah: "Maka mengapa Allahmenyiksa kamu karena dosa-dosamu?" (Kamu bukanlah anak-anak Allah dankekasih-kekasih-Nya), tetapi kamu adalah manusia (biasa) diantara orang-orang yangdiciptakan-Nya. Dia mengampuni bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yangdikehendaki-Nya. Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi serta apa yang ada diantara keduanya. Dan kepada Allah-lah kembali (segala sesuatu). (QS. 5:18)


Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepada kamu Rasul Kami,menjelaskan (syari'at Kami) kepadamu ketika terputus (pengiriman) rasul-rasul, agar kamutidak mengatakan: "Tidak datang kepada kami baik seorang pembawa berita gembiramaupun seorang pemberi peringatan". Sesungguhnya telah datang kepadamu pembawa beritagembira dan pemberi peringatan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. 5:19)


Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku,ingatlah ni'mat Allah atasmu ketika Dia mengangkat nabi-nabi diantaramu, dan jadikan-Nyakamu orang-orang merdeka, dan diberikan-Nya kepadamu apa yang belum pernah diberikan-Nyakepada seorangpun diantara umat-umat yang lain". (QS. 5:20)