Kamis, 07 Desember 2017

surah al-mumtahanah ayat 1 - 10


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku danmusuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-beritaMuhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepadakebenaran yang datang kepadamu, mereka mengusir Rasul dan (mengusir) kamu karena kamuberiman kepada Allah, Rabbmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Kudan mencari keridhaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secararahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang. Aku lebihmengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antarakamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus. (QS.60:1)


Jika mereka menangkap kamu, niscaya mereka bertindak sebagai musuhbagimu dan melepaskan tangan dan lidah mereka kepadamu dengan menyakiti (mu); dan merekaingin supaya kamu (kembali) kafir. (QS. 60:2)


Karib kerabat dan anak-anakmu sekali-kali tiada bermanfa'at bagimupada hari Kiamat. Dia akan memisahkan antara kamu. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamukerjakan. (QS. 60:3)


Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim danorang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka:"Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selainAllah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dankebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataanIbrahim kepada bapaknya :"Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolaksesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Rabb kami, hanyakepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanyakepada Engkaulah kami kembali, (QS. 60:4)


"Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnahbagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami Ya Rabb kami. Sesungguhnya Engkau, EngkaulahYang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (QS. 60:5)


Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yangbaik bagimu; (yaitu) bagi orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) Harikemudian. Dan barangsiapa yang berpaling, maka sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Kayalagi Maha terpuji. (QS. 60:6)


Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu denganorang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah MahaPengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 60:7)


Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadaporang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu darinegerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS. 60:8)


Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmuorang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu(orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, makamereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. 60:9)


Hai orang-orang yang beriman, apabila datang berhijrah kepadamuperempuan-perempuan yang beriman, maka hendaklah kamu uji (keimanan) mereka. Allah lebihmengetahui tentang keimanan mereka; maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka(benar-benar) beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka)orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itutiada halal bagi mereka. Dan berikanlah kepada (suami-suami) mereka mahar yang telahmereka bayar. Dan tiada dosa atasmu menikahi mereka apabila kamu bayar kepada merekamaharnya. Dan janganlah kamu tetap berperang pada tali (pernikahan) denganperempuan-perempuan kafir; dan hendaklah kamu minta mahar yang telah kamu bayar; danhendaklah mereka meminta mahar yang telah mereka bayar. Demikianlah hukum Allah yangditetapkan-Nya di antara kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 60:10)