Kamis, 30 November 2017

surah annisa ayat 91 - 100


Kelak kamu akan dapati (golongan-golongan) yang lain, yang bermaksudsupaya mereka aman daripada kamu dan aman (pula) dari kaumnya. Setiap mereka diajakkembali kepada fitnah (syirik), merekapun terjun ke dalamnya. Karena itu jika mereka tidakmembiarkan kamu dan (tidak) mau mengemukakan perdamaian kepadamu, serta (tidak) menahantangan mereka (dari memerangimu), maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka dimana sajakamu menemui mereka, dan merekalah orang-orang yang kami berikan kepadamu alasan yangnyata (untuk menawan dan membunuh) mereka. (QS. 4:91)


Dan tidaklah layak bagi seorang mu'min membunuh seorang mu'min (yanglain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja) dan barangsiapa membunuh seorang mu'min karena tersalah(hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya(si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. Jika ia (si terbunuh) dari kaumyang memusuhimu, padahal ia mu'min, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba-sahayayang mu'min. Dan jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai)antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkankepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang mu'min. Barangsiapayang tidak memperolehnya,maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara taubatkepada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 4:92)


Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, makabalasannya ialah jahannam, Kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, danmengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS. 4:93)


Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalanAllah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan"salam" kepadamu :"Kamu bukan seorang mu'min"(lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari hartabenda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalahkeadaan kamu dahulu, laluAllah menganugerahkan ni'mat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah MahaMengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 4:94)


Tidaklah sama antara mu'min yang duduk (yang tidak turut berperang)yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan hartamereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanyaatas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) danAllah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar, (QS. 4:95)


(yaitu) beberapa derajat daripada-Nya, ampunan serta rahmat. Danadalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 4:96)


Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaanmenganiaya diri sendiri,(kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini". Merekamenjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Paramalaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah dibumi itu". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam ituseburuk-buruknya tempat kembali, (QS. 4:97)


kecuali mereka yang tertindas baik laki-laki atau wanita ataupunanak-anak yang tidak mampu berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan (untuk hijrah), (QS.4:98)


Mereka itu, mudah-mudahan Allah mema'afkannya. Dan adalah Allah MahaPema'af lagi Maha Pengampun. (QS. 4:99)


Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di mukabumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnyadengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, Kemudian kematian menimpanya (sebelumsampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya disisi Allah. Dan adalahAllah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 4:100)