Kamis, 30 November 2017

surah ali imran ayat 71 - 80


Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan antara yang haq denganyang bathil, danmenyembunyikan kebenaran,padahal kamu mengetahui? (QS. 3:71)


Segolongan (lain) dari Ahli Kitab berkata (kepada sesamanya):"Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepadaorang-orang beriman (sahabat-sahabat Rasul) pada permulaan siang dan ingkarilah ia padaakhirnya, supaya mereka (orang-orang mu'min) kembali (kepada kekafiran). (QS. 3:72)


Dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikutiagamamu. Katakanlah:"Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah, dan (janganlah kamupercaya) bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan(jangan pula kamu percaya) bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Rabbmu".Katakanlah: "Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nyakepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS. 3:73)


Allah menentukan rahmat-Nya (kenabian) kepada siapa yangdikehendaki-Nya, dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. 3:74)


Di antara Ahli Kitab ada orang yang yang jika kamu mempercayakankepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yangjika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepadamu, kecuali jikakamu selalu menagihnya. Yang demikian itu lantaran mereka mengatakan: "Tidak ada dosabagi kami terhadap orang-orang ummi.Mereka berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui. (QS. 3:75)


(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yangdibuat)nya dan bertaqwa,maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa. (QS. 3:76)


Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dansumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian(pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akanmelihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagimereka azab yang pedih. (QS. 3:77)


Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutarlidahnya membaca Al-Kitab, supaya kamu menyangka apa yang dibacanya itu sebagian dariAl-Kitab, padahal ia bukan dari Al-Kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itudatang) dari sisi Allah", padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dustaterhadap Allah, sedang mereka mengetahui. (QS. 3:78)


Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanyaAl-Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamumenjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah". Akan tetapi (dia berkata):"Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab dan disebabkan kamutetap mempelajarinya. (QS. 3:79)


Dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan malaikat dan paranabi sebagai Rabb. Apakah (patut) dia menyuruhmu berbuat kekafiran di waktu kamu sudah(menganut agama) Islam?" (QS. 3:80)