Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 51 - 60


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orangyahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagisebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, makasesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjukkepada orang-orang yang zalim. (QS. 5:51)


Maka kamu akan melihat orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya(orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (yahudi dan Nasrani), seraya berkata:"Kami takut akan mendapat bencana". Mudah-mudahan Allah akan mendatangkankemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya. Maka karena itu,mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka. (QS. 5:52)


Dan orang-orang yang beriman akan mengatakan: "Inikah orang-orangyang bersumpah sungguh-sungguh dengan nama Allah, bahwasanya mereka benar-benar besertakamu" Rusak binasalah segala amal mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yangmerugi. (QS. 5:53)


Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtaddari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai merekadan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah-lembut terhadap orang-orang mu'min, yangbersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidaktakut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepadasiapa yang dihendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS.5:54)


Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orangyang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepadaAllah). (QS. 5:55)


Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yangberiman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang. (QS. 5:56)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kemu mengambil menjadipemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu menjadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) diantara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir(orang-orang musyrik). Dan bertawakkallah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yangberiman. (QS. 5:57)


Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) shalat, merekamenjadikan buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benarkaum yang tidak mau mempergunakan akal. (QS. 5:58)


Katakanlah, "Hai Ahli kitab, apakah kamu memandang kami salah,hanya lantaran kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dankepada apa yang diturunkan sebelumnya, sedang kebanyakan diantara kamu benar-benar orangyang fasik?". (QS. 5:59)


Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentangorang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah,yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, diantara mereka (ada) yang dijadikankera dan babi (dan orangyang) menyembah Taghut?". Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat darijalan yang lurus. (QS. 5:60)