Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 41 - 50


Hai Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yangbersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu diantara orang-orang yang mengatakan denganmulut mereka: "Kami telah beriman", padahal hati mereka belum beriman; dan(juga) diantara orang-orang yahudi. (Orang-orang yahudi itu) amat suka mendengar(berita-berita) bohong danamat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu ; mereka merobah perkataan-perkataan (Taurat) daritempat-tempatnya. Mereka mengatakan: "Jika diberikan ini (yang sudah dirobah-robaholeh mereka) kepadamu maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini makahati-hatilah". Barangsiapa yang Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamutidak akan mampu menolak sesuatupun (yang datang) daripada Allah. Mereka itu adalahorang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. Mereka beroleh kehinaandidunia dan diakhirat mereka beroleh siksaan yang besar. (QS. 5:41)


Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong,banyak memakan yang haram.Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (untuk meminta keputusan), maka putuskanlah(perkara itu) diantara mereka, atau berpalinglah dari mereka, jika kamu berpaling darimereka maka mereka tidak akan memberi mudharat kepadamu sedikitpun. Dan jika kamumemutuskan perkara mereka, maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka dengan adil,sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil. (QS. 5:42)


Dan bagaimana mereka mengangkatmu menjadi hakim mereka, padahal merekamempunyai Taurat yang didalamnya (ada) hukum Allah, kemudian mereka berpaling sesudah itu(dari putusan mu) dan mereka sungguh-sungguh bukan orang yang beriman. (QS. 5:43)


Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat didalamnya (ada)petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan kitab itu diputuskan perkara orang-orangYahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka danpendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah danmereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi)takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit.Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka ituadalah orang-orang yang kafir. (QS. 5:44)


Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat)bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telingadengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka (pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan(hak kisas)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidakmemutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orangyang zalim. (QS. 5:45)


Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israil) dengan Isaputera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu : Taurat. Dan Kami telahmemberikan kepadanya kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yangmenerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu kitab Taurat. Dan menjadipetunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertaqwa. (QS. 5:46)


Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurutapa yang diturunkan Allah di dalamnya.Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka ituadalah orang-orang yang fasik.(QS. 5:47)


Dan Kami telah turunkan kepadamu Al-Qur'an dengan membawa kebenaran,membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batuujian terhadap kitab-kitabyang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan danjanganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datangkepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allahmenghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamuterhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepadaAllah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamuperselisihkan itu, (QS. 5:48)


dan hendaklah kamu memutuskan perkara diantara mereka menurut apa yangditurunkan Allah, dan janganlah kemu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamuterhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian apa yang telahditurunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah),maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada merekadisebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalahorang-orang yang fasik. (QS. 5:49)


Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakahyang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS. 5:50)