Kamis, 30 November 2017

surah annisa ayat 111 - 120


Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannyauntuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS.4:111)


Dan barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, kemudiandituduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sesungguhnya ia telah berbuat suatukebohongan dan dosa yang nyata. (QS. 4:112)


Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu. Tetapimereka tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak dapat membahayakanmusedikitpun kepadamu. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamudan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allahsangat besar atasmu. (QS. 4:113)


Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecualibisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf,atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karenamencari keredhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. (QS. 4:114)


Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya.dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu'min, Kami biarkan ia leluasa terhadapkesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali.(QS. 4:115)


Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu)dengan Dia, Dan Dia mengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yangdikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, makasesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. (QS. 4:116)


Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu)mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka, (QS. 4:117)


yang dila'nati Allah dan syaitan itu mengatakan: "Sayabenar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuksaya), (QS. 4:118)


dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkanangan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatangternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalubenar-benar mereka merobahnya ".Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya iamenderita kerugian yang nyata. (QS. 4:119)


Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkanangan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selaindari tipuan belaka. (QS. 4:120)