Kamis, 07 Desember 2017

surah al-mujadilah ayat 1 - 10


Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan yang memajukan gugatankepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengarsoal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. 58:1)


Orang-orang yang menzihar isterinya di antara kamu, (menganggapisterinya bagai ibunya, padahal) tiadalah isteri mereka itu ibu-ibu mereka. Ibu-ibu merekatidak lain hanyalah wanita yang melahirkan mereka. Dan sesungguhnya mereka sungguh-sungguhmengucapkan suatu perkataan yang mungkar dan dusta. Dan sesungguhnya Allah Maha Pemaaflagi Maha Pengampun. (QS. 58:2)


Orang-orang yang menzihar isteri mereka, kemudian mereka hendakmenarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budaksebelum kedua suami isteri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, danAllah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 58:3)


Barangsiapa yang tidak mendapatkan (budak), maka (wajib atasnya)berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka siapa yang tidak kuasa(wajiblah atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin. Demikianlah supaya kamu berimankepada Allah dan Rasul-Nya. Dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang kafir ada siksaanyang sangat pedih. (QS. 58:4)


Sesungguhnya orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya pastimendapat kehinaan sebagaimana orang-orang yang sebelum mereka telah mendapat kehinaan.Sesungguhnya Kami telah menurunkan bukti-bukti yang nyata. Dan bagi orang-orang yang kafirada siksa yang menghinakan. (QS. 58:5)


Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, laludiberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan(mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah MahaMenyaksikan segala sesuatu. (QS. 58:6)


Tidakkan kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yangada di langit dan apa yang ada di bumi Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang,melainkan Dia-lah yang keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkanDia-lah yang keenamnya. Dan tiadak (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kurang dari ituatau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Diaakan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 58:7)


Apakah tiada kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarangmengadakan pembicaraan rahasia kemudian mereka (mengerjakan) larangan itu dan merekamengadakan permbicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul.Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salamyang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan pada diri merekasendiri: "Mengapa Allah tidak menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakanitu?" Cukuplah bagi mereka neraka Jahannam yang akan mereka masuki. Dan neraka ituadalah seburuk-buruk tempat kembali. (QS. 58:8)


Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraanrahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan durhaka kepadaRasul. Dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allahyang kepada-Nya kamau akan dikembalikan. (QS. 58:9)


Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari syaitan, supayaorang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicarana itu tiadalah memberimudharat sedikitpun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada Allah-lahhendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal. (QS. 58:10)