Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 61 - 70


Dan apabila orang-orang (Yahudi atau munafik) datang kepadamu, merekamengatakan: "Kami telah beriman", padahal mereka datang kepada kamu dengankekafirannya dan mereka pergi (daripada kamu) dengan kekafirannya (pula); dan Allah lebihmengetahui apa yang mereka sembunyikan. (QS. 5:61)


Dan kamu akan melihat kebanyakan dari mereka (orang-orang Yahudi)bersegera membuat dosa, permusuhan dan memakan yang haram. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka telah kerjakan itu.(QS. 5:62)


Mengapa orang-orang alim mereka, pendeta-pendeta mereka tidak melarangmereka mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram? Sesungguhnya amat buruk apayang telah mereka kerjakan itu. (QS. 5:63)


Orang-orang Yahudi berkata: "Tangan Allah terbelenggu ", sebenarnya tangan merekalahyang dibelenggu danmerekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu. (Tidak demikian),tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka; Dia menafkahkan sebagaimana Dia kehendaki. DanAl-Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaandan kekafiran bagi kebanyakan diantara mereka. Dan Kami telah timbulkan permusuhan dankebencian diantara mereka sampai hari kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan,Allah memadamkannya dan mereka berbuat kerusakan dimuka bumi dan Allah tidak menyukaiorang-orang yang membuat kerusakan. (QS. 5:64)


Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertaqwa, tentulah Kami tutup(hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga-surgayang penuh keni'matan. (QS. 5:65)


Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injildan (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Rabbnya, niscaya mereka akan mendapatmakanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Diantara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yangdikerjakan oleh kebanyakan mereka. (QS. 5:66)


Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu. Danjika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikanamanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepadaorang-orang yang kafir. (QS. 5:67)


Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragamasedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al-Qur'an yangditurunkan kepadamu dari Rabbmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu(Muhammad) dari Rabbmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan darimereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu. (QS. 5:68)


Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, Shabiin danorang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh,maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS.5:69)


Sesungguhnya Kami telah mengambil perjanjian dari Bani Israil, dan telah Kami utus kepada merekarasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yangtidak diingini oleh hawa nafsu mereka, (maka) sebagian dari rasul-rasul itu merekadustakan dan sebagian yang lain mereka bunuh. (QS. 5:70)