Kamis, 30 November 2017

surah ali imran ayat 111 - 120


Mereka sekali-kali tidak akan dapat membuat mudharat kepada kamu,selain dari gangguan-gangguan celaan saja, dan jika mereka berperang dengan kamu, pastilahmereka berbalik melarikan diri ke belakang (kalah). Kemudian mereka tidak mendapatpertolongan. (QS. 3:111)


Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jikamereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapatkemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayatAllah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka danmelampaui batas. (QS. 3:112)


Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yangberlaku lurus, merekamembaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud(shalat). (QS. 3:113)


Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruhkepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan)pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh. (QS. 3:114)


Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali merekatidak dihalangi (menerima pahala)nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertaqwa.(QS. 3:115)


Sesungguhnya orang-orang yang kafir baik harta mereka maupun anak-anakmereka, sekali-kali tidak dapat menolak azab Allah dari mereka sedikitpun. Dan merekaadalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. 3:116)


Perumpamaan harta yang mereka nafkahkan di dalam kehidupan dunia ini,adalah seperti perumpamaan angin yang mengandung hawa yang sangat dingin, yang menimpatanaman kaum yang menganiaya diri sendiri, lalu angin itu merusaknya. Allah tidakmenganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri sendiri. (QS. 3:117)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi temankepercayaan orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya(menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyatakebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi.Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya. (QS. 3:118)


Beginilah kamu, kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukaikamu, dan kamu beriman kepada kitab-kitab semuanya. Apabila mereka menjumpai kamu, merekaberkata: "Kami beriman"; dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujungjari lantaran marah bercampur benci terhadap kamu. Katakanlah (kepada mereka):"Marilah kamu karena kemarahanmu itu". Sesungguhnya Allah mengetahui segala isihati. (QS. 3:119)


Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapijika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa,niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. SesungguhnyaAllah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. (QS. 3:120)