Minggu, 03 Desember 2017

surah al-hajj ayat 1 - 10


Hai manusia, bertaqwalah kepada Rabbmu; sesungguhnya kegoncangan harikiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (QS. 22:1)


(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailahsemua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah segala kandunganwanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal mereka sebenarnyatidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras. (QS. 22:2)


Di antara manusia ada yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikutisetiap syaitan yang jahat, (QS. 22:3)


yang telah ditetapkan terhadap syaitan itu, bahwa barangsiapa yangberkawan dengan dia, tentu dia akan menyesatkannya, dan membawanya ke dalam azab neraka.(QS. 22:4)


Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (darikubur); maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudiandari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yangsempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepadamu dan Kamitetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudianKami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai padakedewasaan, dan diantara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) diantara kamu yangdipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yangdahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila Kamiturunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macamtumbuh-tumbuhan yang indah (QS. 22:5)


Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yangmenghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, (QS.22:6)


dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguanpadanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (QS. 22:7)


Dan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allahtanpa ilmu pengetahuan,tanpa petunjuk dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya, (QS. 22:8)


dengan memalingkan lambungnya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah. Ia mendapatkehinaan di dunia dan di hari kiamat Kami merasakan kepadanya azab neraka yang membakar.(QS. 22:9)


(Akan dikatakan kepadanya): "Yang demikian itu, adalah disebabkanperbuatan yang dikerjakan oleh kedua tangan kamu dahulu dan sesungguhnya Allah sekali-kalibukanlah penganiaya hamba-hamba-Nya". (QS. 22:10)