Kamis, 30 November 2017

surah annisa ayat 31 - 40


Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarangkamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) danKami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS. 4:31)


Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allahkepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-lakiada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagiandari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 4:32)


Bagi tiap-tiap harta peninggalan dari harta yang ditinggalkan ibubapak dan karib kerabat, Kami jadikan pewaris-pewarisnya. Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setiadengan mereka, maka berilah kepada mereka bahagiannya. Sesungguhnya Allah menyaksikansegala sesuatu". (QS. 4:33)


Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allahtelah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karenamereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanitayang saleh, ialah yang ta'at kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, olehkarena Allah telah memelihara (mereka).Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jikamereka menta'atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagiMaha Besar. (QS. 4:34)


Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, makakirimlah seorang hakam darikeluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itubermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. 4:35)


Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengansesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anakyatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. SesungguhnyaAllah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. (QS. 4:36)


(yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir,dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telahmenyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan. (QS. 4:37)


Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, danorang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Dan barangsiapa yangmengambil syaitan itu menjadi temannya, maka syaitan itu teman yang seburuk-buruknya. (QS.4:38)


Apakah kemudharatan bagi mereka, kalau mereka beriman kepada Allah danhari kemudian dan menafkahkan sebagian rezki yang telah diberikan Allah kepada mereka? Danadalah Allah Maha Mengetahui keadaan mereka. (QS. 4:39)


Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarah,dan jika ada kebajikan sebesar zarah, niscaya Allah akan melipat gandakan dan memberikandari sisi-Nya pahala yang besar.(QS. 4:40)