Kamis, 07 Desember 2017

surah al-munafiqun ayat 1 - 10


Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata:"Kami mengakui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah". Dan Allahmengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwasesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. (QS. 63:1)


Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia)dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 63:2)


Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telahberiman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati; karena itu merekatidak dapat mengerti. (QS. 63:3)


Dan apabila melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum.Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka seakan-akan kayu yangtersandar. Mereka mengirabahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yangsebenarnya) maka waspadalah terhadap mereka: semoga Allah membinasakan mereka.Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)? (QS. 63:4)


Dan apabila dikatakan kepada mereka: Marilah (beriman), agarRasulullah memintakan ampunan bagimu, mereka membuang muka mereka dan kamu lihat merekaberpaling sedang mereka menyombongkan diri. (QS. 63:5)


Sama saja bagi mereka, kamu mintakan atau tidak kamu minta bagimereka, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberipetunjuk kepada orang-orang yang fasik. (QS. 63:6)


Mereka orang-orang yang mengatakan (kepada orang-orang Anshar):"Janganlah kamu memberikan perbelanjaan kepada orang-orang (Muhajirin) yang ada disisi Rasulullah supaya mereka bubar (meninggalkan Rasulullah)". Padahal kepunyaanAllah-lah perbendaharaan langit dan bumi, tetapi orang-orang munafik itu tidak memahami.(QS. 63:7)


Mereka berkata: "Sesungguhnya jika kita telah kembali ke Madinah, benar-benar orang yang kuat akanmengusir orang-orang yang lemah daripadanya". Padahal kekuatan itu hanyalah bagiAllah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mu'min, tetapi orang-orang munafik itu tiadamengetahui. (QS. 63:8)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmumelalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulahorang-orang yang rugi. (QS. 63:9)


Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamusebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "YaRabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yangmenyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" (QS.63:10)