Rabu, 06 Desember 2017

surah al-hujurat ayat 1 - 10


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah danRasul-Nya dan bertaqwalahkepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 49:1)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebihdari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata padanya dengan suara keras sebagaimanakerasnya (suara) sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala)amalanmu sedangkan kamutidak menyadari. (QS. 49:2)


Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullahmereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertaqwa. Bagimereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. 49:3)


Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamar(mu)kebanyakan mereka tidak mengerti. (QS. 49:4)


Dan kalau sekiranya mereka bersabar sampai kamu keluar menemui merekasesungguhnya itu adalah lebih baik bagi mereka, dan Allah Maha Pengampun lagi MahaPenyayang. (QS. 49:5)


Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawasuatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibahkepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atasperbuatanmu itu. (QS. 49:6)


Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau iamenuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahantetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalamhatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Merekaitulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, (QS. 49:7)


sebagai karunia dan ni'mat dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagiMaha Bijaksana. (QS. 49:8)


Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mu'min berperang makadamaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniayaterhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehinggagolongan itu kembali, kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepadaperintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah.Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS. 49:9)


Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itudamaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapatrahmat. (QS. 49:10)