Kamis, 30 November 2017

surah al-ma`idah ayat 71 - 80


Dan mereka mengira bahwa tidak akan terjadi suatu bencanapun (terhadapmereka dengan membunuh nabi-nabi itu), maka (karena itu) mereka menjadi buta dan pekak,kemudian Allah menerima taubat mereka, kemudian kebanyakan dari mereka buta dan tuli(lagi). Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (QS. 5:71)


Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata:"Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam", padahal Al-Masih (sendiri)berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Rabbku dan Rabbmu". Sesungguhnyaorang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanyasurga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorangpenolongpun. (QS. 5:72)


Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "BahwasanyaAllah salah satu dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Ilah (yang kelakberhak disembah) selain Ilah Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang merekakatakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.(QS. 5:73)


Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampunkepada-Nya? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 5:74)


Al-Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnyatelah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar,kedua-duanya biasa memakan makanan.Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan(Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayatKami itu). (QS. 5:75)


Katakanlah: "Mengapa kamu menyembah selain daripada Allah,sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat kepadamu dan tidak (pula) memberimanfa'at?" Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 5:76)


Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan(melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawanafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan merekatelah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus".(QS. 5:77)


Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Dauddan 'Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampauibatas. (QS. 5:78)


Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yangmereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. (QS. 5:79)


Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orangyang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk dirimereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan. (QS.5:80)