Kamis, 30 November 2017

surah ali imran ayat 151 - 160


Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut,disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkanketerangan tentang itu. Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruktempat tinggal orang-orang yang zalim". (QS. 3:151)


Dan sesungguhnya Allah telah memenuhi janji-Nya kepada kamu, ketikakamu membunuh mereka dengan seizin-Nya sampai pada sa'at kamu lemah dan berselisih dalamurusan itu dan mendurhakaiperintah (Rasul) sesudah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antaramu ada orang yangmenghendaki dunia dan di antara kamu ada orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allahmemalingkan kamu dari mereka untuk menguji kamu; dan sesungguhnya Allah telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyaikarunia (yang dilimpahkan) atas orang-orang yang beriman. (QS. 3:152)


(Ingatlah) ketika kamu lari dan tidak menoleh kepada seorangpun,sedang Rasul yang berada di antara kawan-kawanmu yang lain memanggil kamu, karena ituAllah menimpakan atas kamu kesedihan atas kesedihan, supaya kamu jangan bersedih hati terhadap apa yang luputdaripada kamu dan terhadap apa yang menimpa kamu. Allah Maha Mengetahui apa yang kamukerjakan. (QS. 3:153)


Kemudian setelah kamu berduka-cita Allah menurunkan kepada kamukeamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri merekasendiri; mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: "Apakah adabagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?". Katakanlah:"Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah". Mereka menyembunyikandalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata:"Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscayakita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini". Katakanlah: "Sekiranya kamuberada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itukeluar (juga) ke tempat mereka terbunuh". Dan Allah (berbuat demikian) untuk mengujiapa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah MahaMengetahui segala isi hati. (QS. 3:154)


Sesungguhnya orang-orang yang berpaling di antaramu pada hari bertemudua pasukan itu, hanya sajamereka digelincirkan oleh syaitan, disebabkan sebagian kesalahan yang telah mereka perbuat(di masa lampau) dan sesungguhnya Allah telah memberi maaf kepada mereka. SesungguhnyaAllah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (QS. 3:155)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu seperti orang-orang kafir(orang-orang munafik) itu, yang mengatakan kepada saudara-saudara mereka apabila merekamengadakan perjalanan di muka bumi atau mereka berperang: "Kalau mereka tetapbersama-sama kita tentulah mereka tidak mati dan tidak dibunuh". Akibat (dariperkataan dan keyakinan mereka) yang demikian itu, Allah menimbulkan rasa penyesalan yangsangat di dalam di hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan. Dan Allah melihat apayang kamu kerjakan. (QS. 3:156)


Dan sungguh kalau kamu gugur di jalan Allah atau meninggal, tentulah ampunan Allah danrahmat-Nya lebih baik (bagimu) dari harta rampasan yang mereka kumpulkan. (QS. 3:157)


Dan sungguh jika kamu meninggal atau gugur, tentulah kepada Allah sajakamu dikumpulkan. (QS. 3:158)


Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembutterhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah merekamenjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagimereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telahmembulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukaiorang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. 3:159)


Jika Allah menolong kamu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkankamu; dan jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah geranganyang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaknya kepadaAllah saja orang-orang mu'min bertawakkal. (QS. 3:160)