Jumat, 01 Desember 2017

surah al-ma`idah ayat 91 - 100


Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dankebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamudari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).(QS. 5:91)


Dan ta'atlah kamu kepada Allah dan ta'atlah kepada Rasul-(Nya) danberhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban RasulKami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang. (QS. 5:92)


Tidak ada dosa bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalanyang saleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu, apabila mereka bertaqwaserta beriman, dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, kemudian mereka (tetap juga)bertaqwa dan berbuat kebajikan. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. 5:93)


Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamudengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yangtakut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barangsiapa yang melanggar batassesudah itu, maka baginya azab yang pedih. (QS. 5:94)


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram.Barangsiapa diantara kamu membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti denganbinatang ternak seimbang dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yangadil di antara kamu sebagai had-ya yang dibawa sampai ke Ka'bah,atau (dendanya) membayar kaffarat dengan memberi makan orang-orang miskin, atau berpuasa seimbang denganmakanan yang dikeluarkan itu,supaya dia merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya. Allah telah mema'afkan apa yangtelah lalu. Dan barangsiapayang kembali mengerjakannya, niscaya Allah akan menyiksanya. Allah Maha Kuasa lagimempunyai (kekuasaan untuk) menyiksa. (QS. 5:95)


Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu,dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (manangkap) binatangburuan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertaqwalah kepada Allah yang kepada-Nyalahkamu akan dikumpulkan. (QS. 5:96)


Allah telah menjadikan Ka'bah, rumah suci itu sebagai pusat(peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia, dan (demikian pula) bulan Haram, hadya, qalaid. (Allah menjadikan yang) demikianitu agar kamu tahu, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada dilangit dan apa yangada di bumi dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 5:97)


Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya dan bahwasesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 5:98)


Kewajiban Rasul tidak lain hanyalah menyampaikan, dan Allah mengetahuiapa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan. (QS. 5:99)


Katakanlah: "Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipunbanyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah hai orang-orangberakal, agar kamu mendapat keberuntungan". (QS. 5:100)