Jumat, 01 Desember 2017

surah attaubah ayat 111 - 120


Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri danharta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalumereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalamTaurat, Injil dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripadaAllah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulahkemenangan yang besar. (QS. 9:111)


Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, memuji(Allah), yang melawat, yangruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yangmemelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mu'min itu. (QS. 9:112)


Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakanampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalahkaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalahpenghuni neraka Jahannam. (QS. 9:113)


Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidaklain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Makatatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepasdiri daripadanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagipenyantun. (QS. 9:114)


Dan Allah sekali-kali tidak akan menyesatkan suatu kaum, sesudah Allah memberipetunjuk kepada mereka hingga dijelaskan-Nya kepada mereka apa yang harus mereka jauhi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahuisegala sesuatu. (QS. 9:115)


Sesungguhnya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Diamenghidupkan dan mematikan. Dan sekali-kali tidak ada pelindung dan penolong bagimu selainAllah. (QS. 9:116)


Sesungguhnya Allah telah menerima taubat Nabi, orang-orang Muhajirindan orang-orang Anshar, yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan, setelah hati segolongandari mereka hampir berpaling, kemudian Allah menerima taubat mereka itu. SesungguhnyaAllah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka, (QS. 9:117)


dan terhadap tiga orang yang ditangguhkan (penerimaan taubat) kepada mereka, hinggaapabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa merekapuntelah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak adatempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah menerima taubatmereka agar mereka tetap dalam taubatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang Maha Penerima taubatlagi Maha Penyayang. (QS. 9:118)


Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklahkamu bersama orang-orang yang benar. (QS. 9:119)


Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Badwi yangberdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidakpatut (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada mencintai diri Rasul. Yangdemikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan padajalan Allah. Dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orangkafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagimereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakanpahala orang-orang yang berbuat baik, (QS. 9:120)