Jumat, 01 Desember 2017

surah attaubah ayat 101 - 110


Di antara orang-orang Arab Badwi yang di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik; dan (juga)di antara penduduk Madinah. Mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Kamu (Muhammad) tidakmengetahui mereka, (tetapi) Kami-lah yang mengetahui mereka. Nanti mereka akan kami siksadua kali kemudian mereka akan di kembalikan kepada azab yang besar. (QS. 9:101)


Dan (ada pula) orang-orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, merekamencampur-baurkan perkerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk. Mudah-mudahanAllah menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.9:102)


Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamumembersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo'alah untuk mereka.Sesungguhnya do'a kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah MahaMendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 9:103)


Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubathamba-hamba-Nya dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi MahaPenyayang? (QS. 9:104)


Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya sertaorang-orang mu'min akan melihat perkerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada(Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apayang kamu kerjakan". (QS. 9:105)


Dan ada (pula) orang-orang yang lain yang ditangguhkan sampai adakeputusan Allah; ada kalanya Allah akan mengazab mereka dan ada kalanya Allah akanmenerima taubat mereka. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 9:106)


Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yangmendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mu'min), untukkekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mu'min serta menunggu kedatanganorang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka sesungguhnya bersumpah:"Kami tidak menghendaki selain kebaikan". Dan Allah menjadi saksi bahwasesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya) (QS. 9:107)


Janganlah kamu shalat dalam masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnyamasjid yang didirikan atas dasar taqwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebihpatut kamu shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri.Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih. (QS. 9:108)


Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya atas dasar taqwakepada Allah dan keridhaan(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikanbangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan diake dalam neraka Jahannam? Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yangzalim. (QS. 9:109)


Bangunan-bangunan yang mereka dirikan itu senantiasa menjadi pengkalkeraguan dalam hati mereka, kecuali bila hati mereka itu telah hancur. Dan Allah Maha Mengetahui lagi MahaBijaksana. (QS. 9:110)