Jumat, 01 Desember 2017

surah al-ma`idah ayat 101 - 110


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepadaNabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu, niscaya menyusahkan kamu dan jika kamumenanyakan di waktu Al-Qur'an itu sedang diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu.Allah mema'afkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.(QS. 5:101)


Sesungguhnya telah ada segolongan manusia sebelum kamu menanyakanhal-hal yang serupa itu (kepada Nabi mereka), kemudian mereka tidak percaya kepadanya. (QS. 5:102)


Allah sekali-kali tidak pernah mensyari'atkan adanya bahiirah, saaibah, washiilah dan haam. Akan tetapi orang-orang kafirmembuat-buat kedustaan terhadap Allah, dan kebanyakan mereka tidak mengerti. (QS. 5:103)


Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah mengikuti apa yangditurunkan Allah dan mengikuti Rasul". Mereka menjawab: "Cukuplah untuk kami apayang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya". Dan apakah mereka akan mengikutijuga nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dantidak (pula) mendapat petunjuk? (QS. 5:104)


Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yangsesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kepada Allah kamu kembalisemuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. 5:105)


Hai orang-orang yang beriman, apabila salah seorang kamu menghadapikematian, sedang dia akan berwasiat, maka hendalkah (wasiat) disaksikan oleh dua orangyang adil diantara kamu, atau dua orang yang berlainan agama dengan kamu, jika kamu dalam perjalanan di mukabumi lalu kamu ditimpa bahaya kematian. Kamu tahan kedua saksi itu sesudah shalat (untukbersumpah), lalu mereka keduanya bersumpah dengan nama Allah jika kamu ragu-ragu;"(Demi Allah) kamu tidak akan menukar sumpah ini dengan harga yang sedikit (untukkepentingan seseorang), walaupun dia karib kerabat, dan tidak (pula) kamu menyembunyikanpersaksian Allah; sesungguhnya kami kalau demikian tentulah termasuk orang-orang yangberdosa". (QS. 5:106)


Jika diketahui bahwa kedua (saksi itu) memperbuat dosa maka dua orang yang lain diantaraahli waris yang berhak yang lebih dekat kepada orang yang meninggal (memajukan tuntutan)untuk menggantikannya, lalu keduanya bersumpah dengan nama Allah: "Sesungguhnyapersaksian kami lebih layak diterima daripada persaksian kedua saksi itu, dan kamu tidakmelanggar batas, sesungguhnya kami kalau demikian tentulah termasuk orang-orang yangmenganiaya diri sendiri". (QS. 5:107)


Itu lebih dekat untuk (menjadikan para saksi) mengemukakanpersaksiannya menurut apa yang sebenarnya, dan (lebih dekat untuk menjadikan mereka)merasa takut akan dikembalikan sumpahnya (kepada ahli waris) sesudah mereka bersumpah. Dan bertaqwalah kepada Allah dandengarkanlah (perintah-Nya). Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.(QS. 5:108)


(Ingatlah), hari diwaktu Allah mengumpulkan para rasul, lalu Allahbertanya (kepada mereka): "Apa jawaban kaummu terhadap (seruan) mu". Para rasulmenjawab: "Tidak ada pengetahuan kami (tentang itu); sesungguhnya Engkau-lah yangmengetahui perkara yang ghaib". (QS. 5:109)


(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai 'Isa putera Maryam,ingatlah ni'mat-Ku kepadamu dan kepada Ibumu diwaktu Aku menguatkan kamu dengan ruhulqudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia diwaktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa;dan (ingatlah) diwaktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlahpula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku,kemudian kamu meniup padanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) denganseizin-Ku, dan (ingatlah) diwaktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan merekamembunuh kamu) dikala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata,lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain sihir yangnyata". (QS. 5:110)