Jumat, 01 Desember 2017

surah yunus ayat 11 - 20


Dan kalau sekiranya Allah menyegerakan kejahatan bagi manusia sepertipermintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pastilah diakhiri umur mereka. Maka kamibiarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang di dalamkesesatan mereka. (QS. 10:11)


Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdo'a kepada Kami dalamkeadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itudaripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat) seolah-olah dia tidak pernahberdo'a kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulahorang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan. (QS.10:12)


Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat yang sebelum kamu,ketika mereka berbuat kezaliman, padahal Rasul-Rasul mereka telah datang kepada merekadengan membawa keterang-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tak hendakberiman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa. (QS.10:13)


Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumisesudah mereka, supaya kamu memperhatikan bagaimana kamu berbuat. (QS. 10:14)


Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang nyata,orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami berkata: "DatangkanlahAl-Qur'an yang lain dari ini atau gantilah dia ".Katakanlah: "Tidaklah patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri. Aku tidakmengikut kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Sesungguhnya aku takut jika mendurhakaiRabbku kepada siksa hari yang besar (kiamat)". (QS. 10:15)


Katakanlah: "Jikalau Allah menghendaki, niscaya aku tidak akanmembacakannya kepadamu dan Allah tidak (pula) memberitahukannya kepadamu".Sesungguhnya aku telah tinggal bersamamu beberapa lama sebelumnya. Maka apakah kamu tidakmemikirkannya? (QS. 10:16)


Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakankedustaan terhadap Allah atau mendustakan ayat-ayat-Nya? Sesungguhnya tiadalah beruntungorang-orang yang berbuat dosa. (QS. 10:17)


Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapatmendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak pula kemanfa'atan, dan mereka berkata:"Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah". Katakanlah:"Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di langit dantidak (pula) di bumi ?"Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka mempersekutukan (itu). (QS. 10:18)


Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih. Kalau tidaklah karena suatuketetapan yang telah ada dari Rabbmu dahulu, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka, tentang apa yang merekaperselisihkan itu. (QS. 10:19)


Dan mereka berkata: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya(Muhammad) suatu keterangan (mu'jizat) dari Rabbnya?" Maka katakanlah:"Sesungguhnya yang ghaib itu kepunyaan Allah; sebab itu tunggu (sajalah) olehmu, sesungguhnya aku bersama kamu termasukorang-orang yang menunggu. (QS. 10:20)