Senin, 04 Desember 2017

surah luqman ayat 11 - 20


Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yangtelah diciptakan oleh sembahan-sembahan (mu) selain Allah. Sebenarnya orang-orang yangzalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata. (QS. 31:11)


Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu:"Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), makasesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur,maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji". (QS. 31:12)


Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu iamemberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah,sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (QS.31:13)


Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orangibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, danmenyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.(QS. 31:14)


Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatuyang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, danpergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembalikepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yangtelah kamu kerjakan. (QS. 31:15)


(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatuperbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi,niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. 31:16)


Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yangbaik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yangmenimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (olehAllah). (QS. 31:17)


Dan janganlah memalingkan muka dari manusia (karena sombong) danjanganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukaiorang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. 31:18)


Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suaraialah suara keledai. (QS. 31:19)


Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk(kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmuni'mat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan)Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan. (QS.31:20)