Sabtu, 02 Desember 2017

surah ibrahim ayat 21 - 30


Dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) akan berkumpul menghadap kehadirat Allah, lalu berkatalah orang-orang yang lemah kepada orang-orang yang sombong:"Sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamumenghindarkan daripada kami azab Allah (walaupun) sedikit saja Mereka menjawab:"Seandainya Allah memberi petunuk kepada kami, niscaya kami dapat memberi petunjukkepadamu. Sama saja bagi kita apakah kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kitatidak mempunyai tempat untuk melarikan diri". (QS. 14:21)


Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan:"Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telahmenjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak kekuasaan bagikuterhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamulalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebabitu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kalitidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya akutidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu".Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih. (QS. 14:22)


Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalamsurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya dengan seizin Rabbmereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salaam ". (QS. 14:23)


Tidakkah kamu kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuatperumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, (QS. 14:24)


pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya.Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (QS.14:25)


Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut denganakar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun. (QS. 14:26)


Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yangteguh itu dalam kehidupan didunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yangDia kehendaki. (QS. 14:27)


Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menukar ni'mat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkankaumnya kelembah kebinasaan?, (QS. 14:28)


yaitu neraka Jahannam; mereka masuk ke dalamnya; dan itulahseburuk-buruknya tempat kediaman. (QS. 14:29)


Orang-orang kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah supayamereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah kamukarena sesungguhnya tempat kembalimu ialah neraka". (QS. 14:30)