Jumat, 01 Desember 2017

surah attaubah ayat 71 - 80


Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka(adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf,mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta'at kepadaAllah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah MahaPerkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 9:71)


Allah menjanjikan kepada orang-orang yang mu'min lelaki dan perempuan,(akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya,dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebihbesar; Itu adalah keberuntungan yang besar. (QS. 9:72)


Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orangmunafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah neraka Jahannam.Dan itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya. (QS. 9:73)


Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwamereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu). Sesungguhnya mereka telah mengucapkanperkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir sesudah Islam, dan menginginkan apa yangmereka tidak dapat mencapainya ;dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telahmelimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baikbagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azabyang pedih di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dantidak (pula) penolong di muka bumi. (QS. 9:74)


Dan di antara mereka ada orang yang berikrar kepada Allah:"Sesungguhnya jika Allah memberikan sebagian dari karunia-Nya kepada kami, pasti kamiakan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh". (QS. 9:75)


Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-Nya,mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yangselalu membelakangi (kebenaran). (QS. 9:76)


Maka Allah menimbulkan kemunafikan pada hati mereka sampai pada waktumereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri terhadap Allah apa yang telah merekaikrarkan kepada-Nya dan (juga) karena mereka selalu berdusta. (QS. 9:77)


Tidaklah mereka tahu bahwasanya Allah mengetahui rahasia dan bisikanmereka, dan bahwasanya Allah amat mengetahui segala yang ghaib? (QS. 9:78)


(orang-orang munafik) yaitu orang-orang yang mencela orang-orangmu'min yang memberi sedekah dengan sukarela dan (mencela) orang-orang yang tidakmemperoleh (untuk disedekahkan) selain sekedar kesanggupannya, maka orang-orang munafikitu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka itu, dan untuk mereka azab yangpedih. (QS. 9:79)


Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampunkepada mereka (adalah sama saja). Kendatipun kamu memohonkan ampun bagi mereka tujuh puluhkali, namun Allah sekali-kali tidak akan memberi ampun kepada mereka. Yang demikian ituadalah karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjukkepada kaum yang fasik. (QS. 9:80)