Jumat, 01 Desember 2017

surah attaubah ayat 61 - 70


Di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang menyakiti Nabi danmengatakan: "Nabi mempercayai semua apa yang didengarnya". Katakanlah: "Iamempercayai semua apa yang baik bagi kamu, ia beriman kepada Allah, mempercayaiorang-orang mu'min, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman di antara kamu".Dan orang-orang yang menyakiti Rasulullah itu, bagi mereka azab yang pedih. (QS. 9:61)


Mereka bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencarikeridhaanmu, padahal Allah dan Rasul-Nya yang lebih patut mereka cari keridhaannya jikamereka adalah orang-orang yang mu'min. (QS. 9:62)


Tidakkah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanyabarangsiapa menentang Allah dan Rasuil-Nya, maka sesungguhnya neraka Jahannamlah baginya,dia kekal di dalamnya. Itulah adalah kehinaan yang besar. (QS. 9:63)


Orang-orang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatusurat yang menerangkan apa yang tersembunyi di dalam hati mereka. Katakanlah kepadamereka: "Teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Allah dan Rasul-Nya)".Sesungguhnya Allah akan menyatakan apa yang kamu takuti. (QS. 9:64)


Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukanitu), tentu mereka akan menjawab: "Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau danbermain-main saja". Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya danRasul-Nya kamu selalu berolok-olok?". (QS. 9:65)


Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. JikaKami mema'afkan segolongan dari kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazabgolongan (yang lain) di sebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. (QS.9:66)


Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan-perempuan, sebagian darisebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuatyang ma'ruf dan mereka mengenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakanmereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik. (QS. 9:67)


Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan danorang-orang kafir dengan neraka Jahannam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itubagi mereka; dan Allah mela'nati mereka; dan bagi mereka azab yang kekal, (QS. 9:68)


(keadaan kamu hai orang-orang munafik dan musyirikin adalah) sepertikeadaan orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak hartabenda dan anak-anaknya daripada kamu. Maka mereka telah meni'mati bagian mereka, dan kamutelah ni'mati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu meni'mati bagiannya, dankamu mempercakapkan (hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu,amalannya menjadi sia-sia di dunia dan di akhirat; dan mereka itulah orang-orang yangmerugi. (QS. 9:69)


Belumkah datang kepada mereka berita penting tentang orang-orangsebelum mereka, (yaitu) kaum Nuh, 'Aad, Tsamud, kaum Ibrahim, penduduk Madyan, dan(penduduk) negeri-negeri yang telah musnah ?Telah datang kepada mereka Rasul-Rasul dengan membawa keterangan yang nyata; maka Allahtidaklah sekali-kali menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri merekasendiri. (QS. 9:70)