Sabtu, 02 Desember 2017

surah al-isra ayat 21 - 30


Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atassebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besarkeutamaannya. (QS. 17:21)


Janganlah kamu adakan ilah-ilah yang lain di samping Allah, agar kamutidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah). (QS. 17:22)


Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Diadan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorangdi antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, makasekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" danjanganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. 17:23)


Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangandan ucapkanlah: "Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berduatelah mendidik aku waktu kecil". (QS. 17:24)


Rabbmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamuorang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yangbertaubat. (QS. 17:25)


Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepadaorang miskin dan orang yang dalam perjalanan:dan janganlah kamu menghambur-hamburkan(hartamu) secara boros. (QS. 17:26)


Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dansyaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya. (QS. 17:27)


Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dariRabbmu yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas. (QS. 17:28)


Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu danjanganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal. (QS. 17:29)


Sesungguhnya Rabbmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendakidan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha melihat akanhamba-hambanya. (QS. 17:30)