Sabtu, 02 Desember 2017

surah al-isra ayat 11 - 20


dan manusia mendo'a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo'a untukkebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. (QS. 17:11)


Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskantanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Rabbmu,dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telahKami terangkan dengan jelas. (QS. 17:12)


Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya(sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamatsebuah kitab yang dijumpainya terbuka. (QS. 17:13)


"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagaipenghisap terhadapmu". (QS. 17:14)


Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), makasesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yangsesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yangberdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kamimengutus seorang rasul. (QS. 17:15)


Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkankepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi merekamelakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnyaperkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS.17:16)


Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dancukuplah Rabbmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya. (QS. 17:17)


Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (dunia), maka Kamisegerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki danKami tentukan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela danterusir. (QS. 17:18)


Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha kearah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mu'min, maka mereka itu adalahorang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (QS. 17:19)


Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu Kami berikan bantuan dari kemurahanRabbmu. Dan kemurahan Rabbmu tidak dapat dihalangi. (QS. 17:20)