Rabu, 06 Desember 2017

surah al-hujurat ayat 11 - 18


Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkankaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka(yang mengolok-olokkan) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain(karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yangmengolok-olokkan) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggilmemanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yangburuk sesudah iman danbarangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. 49:11)


Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka,sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahanorang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salahseorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamumerasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerimataubat lagi Maha Penyayang. (QS. 49:12)


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-lakidan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamusaling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allahialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagiMaha Mengenal (QS. 49:13)


Orang-orang Arab Badwi itu berkata: "Kami telah beriman".Katakanlah (kepada mereka): "Kamu belum beriman,tetapi katakanlah 'kami telahtunduk', karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu, dan jika kamu ta'at kepada Allah danRasul-Nya, Dia tiada akan mengurangi sedikitpun (pahala) amalanmu; sesungguhnya Allah MahaPengampun lagi Maha Penyayang". (QS. 49:14)


Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yangberiman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihaddengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar. (QS.49:15)


Katakanlah (kepada mereka): "Apakah kamu akan memberitahukankepada Allah tentang agamamu (keyakinanmu), padahal Allah mengetahui apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi dan Allah Maha Mengetahui seagala sesuatu". (QS.49:16)


Mereka telah merasa memberi ni'mat kepadamu dengan keislaman mereka.Katakanlah: "Janganlah kamu merasa telah memberi ni'mat kepadaku dengan keislamanmu,sebenarnya Allah Dialah yang melimpahkan ni'mat kepadamu dengan menunjuki kamu kepadakeimanan jika kamu adalah orang-orang yang benar". (QS. 49:17)


Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan di bumi.Dan Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. 49:18)