Rabu, 06 Desember 2017

surah al-fath ayat 11 - 20


Orang-orang Badwi yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akanmengatakan: "Harta dan keluarga kami telah merintangi kami, maka mohonkanlah ampunanuntuk kami"; mereka mengucapkan dengan lidahnya apa yang tidak ada dalam hatinya.Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allahjika Dia menghendaki kemudharatan bagimu atau jika Dia menghendaki manfa'at bagimu.Sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 48:11)


Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mu'min tidaksekali-kali akan kembali kepada keluarga mereka selama-lamanya dan syaitan telahmenjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangkadengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa. (QS. 48:12)


Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya makasesungguhnya Kami menyediakan untuk orang-orang yang kafir neraka yang bernyala-nyala.(QS. 48:13)


Dan hanya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Dia memberiampun kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan mengazab siapa yang dikehendaki-Nya. Dan AllahMaha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 48:14)


Orang-orang Badwi yang tertinggal itu akan berkata apabila kamuberangkat untuk mengambil barang rampasan ;"Biarkanlah kami, niscaya kami mengikuti kamu; mereka hendak merobah janji Allah.Katakanlah: "Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami: demikian Allah telahmenetapkan sebelumnya"; mereka akan mengatakan: "Sebenarnya kamu dengki kepadakami". Bahkan mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali. (QS. 48:15)


Katakanlah kepada orang-orang Badwi yang tertinggal: "Kamu akandiajak untuk (memerangi) kaum yang mempunyai kekuatan yang besar, kamu akan memerangimereka atau mereka menyerah (masuk Islam). Maka jika kamu patuhi (ajakan itu) niscayaAllah akan memberikan kepadamu pahala yang baik dan jika kamu berpaling sebagaimana kamutelah berpaling sebelumnya, niscaya Dia akan mengazab kamu dengan azab yang pedih".(QS. 48:16)


Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang-orang yangpincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang). Dan barangsiapa yangtaat kepada Allah dan Rasul-Nya; niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yangmengalir di bawahnya sungai-sungai dan barangsiapa yang berpaling niscaya akan diazabnyadengan azab yang pedih. (QS. 48:17)


Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mu'min ketikamereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati merekalalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenanganyang dekat (waktunya). (QS.48:18)


Serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil. Dan adalahAllah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 48:19)


Allah menjanjikan kepada kamu harta rampasan yang banyak dapat kamuambil, maka disegerakan-Nya harta rampasan ini untukmu dan Dia menahan tangan manusia dari (membinasakan)mu (agarkamu mensyukuri-Nya) dan agar itu menjadi bukti bagi orang-orang mu'min dan agar Diamenunjuki kamu kepada jalan yang lurus. (QS. 48:20)