Selasa, 05 Desember 2017

surah fathir ayat 11 - 20


Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudianDia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorangperempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan pengetahuan-Nya. Dansekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangiumurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuz). Sesungguhnya yangdemikian itu bagi Allah adalah mudah. (QS. 35:11)


Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminumdan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan dagingyang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan padamasing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencarikarunia-Nya dan supaya kamu bersyukur. (QS. 35:12)


Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalammalam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yangditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Rabb-mu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Danorang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipiskulit ari. (QS. 35:13)


Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalaumereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di hari kiamatmereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangankepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui. (QS. 35:14)


Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dia-lahYang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji. (QS. 35:15)


Jika Dia mengendaki, niscaya Dia memusnahkan kamu dan mendatangkanmakhluk yang baru (untuk menggantikan kamu). (QS. 35:16)


Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah. (QS. 35:17)


Dan orang-orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang beratdosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulkan untuknyasedikitpun meskipun (yang dipanggilya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat kamuberi peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Rabb-nya (sekalipun) mereka tidakmelihat-Nya dan merekamendirikan shalat. Dan barangsiapa yang mensucikan dirinya, sesungguhnya ia mensucikandiri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah kembali(mu). (QS. 35:18)


Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat. (QS.35:19)


dan tidak (pula) sama gelap gulita dengan cahaya. (QS. 35:20)