Sabtu, 02 Desember 2017

surah arra'du ayat 31 - 40


Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itugunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orangyang sudah mati dapat berbicara, (tentu Al-Qur'an itulah dia). Sebenarnya segala urusan itu adalahkepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainyaAllah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusiasemuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatanmereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglahjanji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. (QS. 13:31)


Dan sesungguhnya telah diperolok-olokkan beberapa rasul sebelum kamu,maka Aku beri tangguh kapada orang-orang kafir itu kemudian Aku binasakan mereka. Alangkahhebatnya siksaan-Ku itu! (QS. 13:32)


Maka apakah Rabb yang menjaga setiap diri terhadap apa yangdiperbuatnya (sama dengan yang tidak demikian sifatnya)? Mereka menjadikan beberapa sekutubagi Allah. Katakanlah: "Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu". Atau apakah kamuhendak memberitakan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau kamumengatakan (tentang hal itu) sekadar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya orang-orangkafir itu dijadikan (oleh syaitan) memandang baik tipu daya mereka dan dihalanginya darijalan (yang bena). Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka baginya tak ada seorangpunyang akan memberi petunjuk". (QS. 13:33)


Bagi mereka azab dalam kehidupan dunia dan sesungguhnya azab akhiratadalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah. (QS.13:34)


Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwaialah (seperti taman), mengalir sungai-sungai didalamnya; buahnya tak henti-henti sedangnaungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertaqwa; sedangtempat kesudahan bagi orang-orang yang kafir ialah neraka. (QS. 13:35)


Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepada mereka bergembira dengan kitab yangditurunkan kepadamu, dan diantara golongan-golongan (Yahudi dan Nasrani) yang bersekutu,ada yang mengingkari sebagiannya. Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya diperintahuntuk menyembah Allah dan tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Dia. Hanya kepada-Nyaaku seru (manusia) dan hanya kepada-Nya aku kembali". (QS. 13:36)


Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Qur'an itu sebagai peraturan(yang benar) dalam bahasa Arab.Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, makasekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (QS. 13:37)


Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu danKami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorangRasul mendatangkan suatu ayat (mu'jizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masaada kitab (yang tertentu).(QS. 13:38)


Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Diakehendaki), dan disisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh). (QS. 13:39)


Dan jika Kami perlihatkan kepadamu sebagian (siksa) yang Kami ancamkankepada mereka atau Kami wafatkan kamu (hal itu tidak penting bagimu) karena sesungguhnyatugasmu hanya menyampaikan saja, sedang Kami-lah yang menghisab amalan mereka. (QS. 13:40)