Sabtu, 02 Desember 2017

surah arra'du ayat 11 - 20


Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinyabergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubahkeadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allahmenghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dansekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. 13:11)


Dia-lah Rabb yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkanketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung. (QS. 13:12)


Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) paramalaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannyakepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia-lahRabb Yang Maha keras siksa-Nya. (QS. 13:13)


Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) do'a yang benar. Danberhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagimereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam airsupaya sampai air kemulutnya,padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan do'a (ibadat) orang-orang kafir itu,hanyalah sia-sia belaka. (QS. 13:14)


Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang dilangit dan dibumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnyadiwaktu pagi dan petang hari. (QS. 13:15)


Katakanlah: "Siapakah Rabb langit dan bumi?" Jawabnya:"Allah". Katakanlah: "Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmudari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfa'atan dan tidak (pula)kemudharatan bagi diri mereka sendiri"? Katakanlah: "Adakah sama orang buta danyang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah merekamenjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehinggakedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?" Katakanlah: "Allah adalahPencipta segala sesuatu dan Dia-lah Rabb Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa". (QS.13:16)


Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah airdi lembah-lembah menurut ukurannya,maka arus itu membawa buih yang mengembang. Dan dariapa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasaan atau alat-alat, ada(pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yangbenar dan yang bathil. Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya;adapun yang memberi manfa'at kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allahmembuat perumpamaan-perumpamaan.(QS. 13:17)


Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Rabbnya, (disediakan) pembalasanyang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Rabb, sekiranya mereka mempunyaisemua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya,niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakanbaginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah jahannam dan itulahseburuk-buruk tempat kediaman. (QS. 13:18)


Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamudari Rabbmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal sajayang dapat mengambil pelajaran, (QS. 13:19)


(yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusakperjanjian, (QS. 13:20)