Minggu, 03 Desember 2017

surah annur ayat 11 - 20


Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah darigolongan kamu juga. Janganlah kamu kira berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalahbaik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yangdikerjakannya dan siapa diantara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalampenyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar. (QS. 24:11)


Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang mu'minindan mu'minat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak)berkata: "Ini adalah suatu berita bohong yang nyata". (QS. 24:12)


Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak mendatangkan empat orang saksiatas berita bohong itu? Oleh karena mereka tidak mendatangkan saksi-saksi maka merekaitulah pada sisi Allah orang-orang yang dusta. (QS. 24:13)


Sekiranya tidak ada kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu semua didunia dan di akherat, niscaya kamu ditimpa azab yang besar, karena pembicaraan kamutentang berita bohong itu. (QS. 24:14)


(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut kemulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamumenganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar. (QS.24:15)


Dan mengapa kamu tidak berkata, di waktu mendengar berita bohong itu:"Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini. Maha Suci Engkau (Ya Rabbkami), ini adalah dusta yang besar". (QS. 24:16)


Allah memperingatkan kamu agar (jangan) kembali memperbuat yangseperti itu selama-lamanya, jika kamu orang-orang yang beriman, (QS. 24:17)


dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu. Dan Allah MahaMengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 24:18)


Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amatkeji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih didunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. 24:19)


Dan sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamusemua, dan Allah Maha Penyantun dan Maha Penyayang, (niscaya kamu akan ditimpa azab yangbesar). (QS. 24:20)