Senin, 04 Desember 2017

surah al-qashash ayat 71 - 80


Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmumalam itu terus-menerus sampai hari kiamat, siapakah Ilah selain Allah yang akanmendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?" (QS. 28:71)


Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmusiang itu terus-menerus sampai hari kiamat, siapakah Ilah selain Allah yang akanmendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidakmemperhatikan?" (QS. 28:72)


Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supayakamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (padasiang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. (QS. 28:73)


Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata:"Dimanakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan?" (QS. 28:74)


Dan Kami datangkan dari tiap-tiap umat seorang saksi, lalu Kami berkata:"tunjukkanlah bukti kebenaranmu", maka tahulah mereka bahwasanya yang hak itu kepunyaan Allah dan lenyaplah darimereka apa yang dahulunya mereka ada-adakan. (QS. 28:75)


Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadapmereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinyasungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat.(Ingatlah) ketika kaumnya berkatakepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukaiorang-orang yang terlalu membanggakan diri". (QS. 28:76)


Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu(kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan)dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baikkepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidakmenyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. 28:77)


Karun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karenailmu yang ada padaku". Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telahmembinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyakmengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu tentangdosa-dosa mereka. (QS. 28:78)


Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yangmenghendaki kehidupan dunia: "Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telahdiberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yangbesar". (QS. 28:79)


Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: "Kecelakaan yangbesarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramalsaleh, dan tidak diperoleh pahala itu, kecuali oleh orang-orang yang sabar". (QS.28:80)