Minggu, 03 Desember 2017

surah al-hajj ayat 21 - 30


Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. (QS. 22:21)


Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraanmereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): "Rasailahazab yang membakar ini". (QS. 22:22)


Sesungguhnya Allah mamasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amalyang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itumereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian merekaadalah sutera. (QS. 22:23)


Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik danditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji. (QS. 22:24)


Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalangi manusia dari jalanAllah dan masjidil haram yang telah Kami jadikan untuk semua manusia, baik yang bermukimdi situ maupun di padang pasir dan siapa yang bermaksud di dalamnya malakukan kejahatansecara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih. (QS. 22:25)


Dan (ingatlah) ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempatBaitullah (dengan mengatakan): "Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Akudan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf,dan orang-orang yang beribadatdan orang-orang yang ruku' dan sujud (QS. 22:26)


Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji,niscaya merekaakan datang kepadamu dengan berjalan kaki,dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuruyang jauh. (QS. 22:27)


supaya mereka mempersaksikan berbagai manfa'at bagi mereka dan supayamereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupabinatang ternak. Makamakanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orangyang sengsara lagi fakir. (QS. 22:28)


Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka danhendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka melakukan Thawaf sekeliling rumah yangtua itu (Baitullah). (QS. 22:29)


Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan apa-apayang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Rabbnya. Dan telah dihalalkan bagi kamu semuabinatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu kaharamannya, maka jauhilah olehmubarhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan yang dusta. (QS. 22:30)