Minggu, 03 Desember 2017

surah al-hajj ayat 11 - 20


Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada ditepi ; maka jika memperolehkebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana,berbaliklah ia ke belakang.Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (QS.22:11)


Ia menyeru selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat dantidak (pula) memberi manfa'at kepadanya. Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh.(QS. 22:12)


Ia menyeru sesuatu yang sebenarnya mudharatnya lebih dekat darimanfa'atnya. Sesungguhnya yang diserunya itu adalah sejahat-jahat penolong dansejahat-jahat kawan. (QS. 22:13)


Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakanamal yang saleh ke alam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. SesungguhnyaAllah berbuat apa yang Dia kehendaki. (QS. 22:14)


Barangsiapa yang menyangka bahwa Allah sekali-kali tiada menolongnya(Muhammad) di dunia dan akhirat, maka hendaklah ia merentangkan tali ke langit, kemudianhendaklah ia melaluinya, kemudian hendaklah ia pikirkan apakah tipu dayanya itu dapatmelenyapkan apa yang menyakitkan hatinya.(QS. 22:15)


Dan demikianlah Kami telah menurunkan Al-Qur'an yang merupakanayat-ayat yang nyata; dan bahwasanya Allah memberikan petunjuk kepada siapa yang Diakehendaki. (QS. 22:16)


Sesungguhnya orang-orang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orangShaabi-iin, orang-orangNasrani, orang-orang Majusi dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi keputusan diantara mereka pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu. (QS. 22:17)


Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang adadi langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatangmelata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telahditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yangmemuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (QS. 22:18)


Inilah dua golongan (golongan mu'min dan golongan kafir) yangbertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Rabb mereka. Maka orang kafir akan dibuatkanuntuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke ataskepala mereka. (QS. 22:19)


Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perutmereka dan juga kulit (mereka). (QS. 22:20)