Kamis, 07 Desember 2017

surah al-hadid ayat 11 - 20


Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, makaAllah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperolehpahala yang banyak. (QS. 57:11)


(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mu'min laki-laki danperempuan sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakankepada mereka): "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yangmengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yangbesar. (QS. 57:12)


Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkatakepada orang-orang yang beriman: "Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebagiandari cahayamu". Dikatakan (kepada mereka): "Kembalilah kamu ke belakang dancarilah sendiri cahaya (untukmu)". Lalu diadakan di antara mereka dinding yangmempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ adasiksa. (QS. 57:13)


Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mu'min) serayaberkata: "Bukankan kami dahulu bersama-sama dengan kamu" Mereka menjawab:"Benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu (kehancuran kami) dankamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah;dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh (syaitan) yang amat penipu. (QS. 57:14)


Maka pada hari ini tidak diterima tebusan dari kamu dan tidak puladari orang-orang kafir. Tempat kamu ialah neraka. Dialah tempat berlindungmu. Dan diaadalah sejahat-jahat tempat kembali. (QS. 57:15)


Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tundukhati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), danjanganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya,kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dankebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. 57:16)


Ketahuilah olehmu bahwa sesungguhnya Allah menghidupkan bumi sesudahmatinya. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan kepadamu tanda-tanda kebesaran (Kami) supayakamu memikirkannya. (QS. 57:17)


Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baiklaki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akandilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS.57:18)


Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka ituorang-orang yang Shiddiqqiin dan orang-orang yang menjadi saksi di sisi Rabb mereka. Bagi mereka pahala dan cahayamereka. Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulahpenghuni-penghuni neraka. (QS. 57:19)


Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainandan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggatentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan parapetani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudianhancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah sertakeridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS.57:20)