Senin, 04 Desember 2017

surah al-'ankabut ayat 21 - 30


Allah mengazab siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi rahmat siapayang dikehendaki-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan. (QS. 29:21)


Dan kamu sekali-kali tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) dibumi dan tidak pula di langit dan sekali-kali tiadalah bagimu pelindung dan penolongselain Allah. (QS. 29:22)


Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan pertemuan denganDia, mereka putus asa dari rahmat-Ku, dan mereka itu mendapat azab yang pedih. (QS. 29:23)


Maka tidak adalah jawaban kaum Ibrahim, selain mengatakan:"Bunuhlah atau bakarlah dia", lalu Allah menyelamatkannya dari api. Sesungguhnyapada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orangberiman. (QS. 29:24)


Dan berkata Ibrahim: "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamusembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalmkehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebagian kamu mengingkari sebagian (yang lain)dan sebagian kamu melaknati sebagian (yang lain); dan tempat kembalimu adalah neraka, dansekali-kali tidak ada bagimu para penolongpun. (QS. 29:25)


Maka Luth membenarkan (kenabian)nya. Dan berkatalah Ibrahim:"Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Rabbku (kepadaku);sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 29:26)


Dan Kami anugerahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Ya'kub, dan Kamijadikan kenabian dan Al-Kitab pada keturunannya, dan Kanmi berikan padanya balasan didunia, dan sesungguhnya diadi akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (QS. 29:27)


Dan (ingatlah) ketika Luth berkata kepada kaumnya: "Sesungguhnyakamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakanoleh'seorangpun dari umat-umat sebelum kamu". (QS. 29:28)


Apakah kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun dan mengerjakan kemungkaran ditempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan:"Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yangbenar". (QS. 29:29)


Luth berdo'a: "Ya Rabbku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab)atas kaum yang berbuat kerusakan itu". (QS. 29:30)