Rabu, 06 Desember 2017

surah al-ahqaf ayat 11 - 20


Dan orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman:"Kalau sekiranya dia (Al-Qur'an) adalah suatu yang baik, tentulah mereka tiadamendahului kami (beriman) kepadanya.Dan karena mereka tidak mendapat petunjuk dengannya maka mereka berkata: "Ini adalahdusta yang lama". (QS. 46:11)


Dan sebelum Al-Qur'an itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk danrahmat. Dan ini (Al-Qur'an) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untukmemberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memeri kabar gembira kepadaorang-orang yang berbuat baik. (QS. 46:12)


Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Rabb kami ialahAllah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan merekatiada (pula) berduka cita. (QS. 46:13)


Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya;sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 46:14)


Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orangibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susahpayah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabilaia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo'a: "Ya Rabbku,tunjukilah aku untuk mensyukuri ni'mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dankepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai;berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya akubertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserahdiri". (QS. 46:15)


Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baikyang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersamapenghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.(QS. 46:16)


Dan orang-orang berkata kepada dua orang ibu bapaknya: "Cis bagikamu keduanya, apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan,padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku? lalu kedua ibu bapaknya memohonpertolongan kepada Allah seraya mengatakan: "Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnyajanji Allah itu adalah benar". Lalu dia berkata: "Ini tidak lain hanyalahdongengan orang-orang yang dahulu belaka". (QS. 46:17)


Mereka itulah orang-orang yang telah pasti (azab) atas mereka bersamaumat-umat yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan manusia. Sesungguhnya merekaadalah orang-orang yang merugi. (QS. 46:18)


Dan bagi masing-masing mereka derajat menurut apa yang telah merekakerjakan dan agar Allah mencukupkan bagi mereka (balasan) pekerjaan-pekerjaan merekasedang mereka tiada dirugikan. (QS. 46:19)


Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka(kepada mereka dikatakan): "Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupanduniamu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasidengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa hakdan kamu telah fasik". (QS. 46:20)